deskripsi gambar

Breaking News

Poltekpos Siapkan Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan Bagi Mahasiswa




Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) berhasil lolos seleksi pelaksanaan program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan Perguruan Tinggi Penyelenggara Vokasi (PTPPV) Tahun 2021, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dari 32 PTPPV yang ikut seleksi, Poltekpos dinyatakan lolos dan didanai  bersama dengan 22  PTPPV yang lain. Poltekpos sebagai penyelenggara Pendidikan Vokasi memiliki kesempatan untuk melakukan penguatan dan mengembangkan ekosistem kewirausahaan.

Melalui kegiatan Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan  ini,  Poltekpos akan menyiapkan tenaga penggerak wirausahawan yang akan terjun ke mahasiswa dengan pola rekruitmen melalui seleksi kepada mahasiswa, kemudian melatihnya menjadi wirausahawan baik dengan teori maupun praktik. 

Poltekpos sebagai vokasi memiliki model perkuliahan dengan karakteristik teori 40% dan praktik 60% yang mampu menghasilkan SDM kompeten dalam membangun rintisan usaha atau berwirausaha. Akan tetapi kondisi tersebut belum optimal karena belum banyak mencetak SDM unggul yang langsung terjun menjadi wirausahawan.  

Dr. Prety Diawaty, S.Sos., M.M. selaku  Ketua Pelaksana mengatakan, mahasiswa Poltekpos harus adaptif dan mampu melihat peluang usaha  sehingga dapat menjadi entrepreneur atau wirausahawan mandiri yang sukses."Mahasiswa harus semangat dan berani merubah mindset bahwa lulus kuliah tidak harus melamar pekerjaan tetapi dapat membuka lapangan pekerjaan. Usaha rintisan  yang dimulai mahasiswa saat ini harus berhasil, jangan sampai berhenti di tengah jalan," tegasnya.

Direktur Politeknik Pos Indonesia, Dr. Ir. Agus Purnomo, MT., menambahkan kedepannya  perlu dibentuk Inkubator Bisnis, sebagai wadah penguatan kewirausahaan yang sudah ada dan sedang dilaksanakan saat ini oleh Poltekpos. "Dengan pelaksanaan program penguatan ekosistem kewirausahaan ini, diharapkan mampu merubah mindset  mahasiswa bahwa selain terserap di DUDI, lulusan Poltekpos  juga dapat memilih karier sebagai entrepreneur  atau wirausahawan  dan bahkan mampu menciptakan lapangan kerja," Ujarnya.