deskripsi gambar

Breaking News

FGD: Pembekalan Tim Kerja & Pelatihan




Bandung (30/09/2021) - Sebagai persiapan untuk pelaksanaan kegiatan Workshop Penguatan Ekosistem Kewirausahaan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV), Politeknik Pos Indonesia melalui tim penyelenggara menyelenggaran focus group discussion (FGD) bersama sejumlah sekolah menengah di pulau jawa maupun luar pulau jawa. Disamping sebagai sarana untuk melakukakan sosialisasi kegiatan, FGD ini juga bertujuan untuk menyampaikan gagasan, menyamakan persepsi tentang persiapan aplikasi konsultasi, rekomendasi dan seleksi.

Sebagai informasi, Dari 32 PTPPV yang ikut seleksi, Poltekpos dinyatakan lolos dan didanai  bersama dengan 22  PTPPV yang lain. Poltekpos sebagai penyelenggara Pendidikan Vokasi memiliki kesempatan untuk melakukan penguatan dan mengembangkan ekosistem kewirausahaan.


Melalui kegiatan Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan  ini,  Poltekpos akan menyiapkan tenaga penggerak wirausahawan yang akan terjun ke mahasiswa dengan pola rekruitmen melalui seleksi kepada mahasiswa, kemudian melatihnya menjadi wirausahawan baik dengan teori maupun praktik. 


Acara FGD ini dipandu oleh Suparno Saputra, SE., MM. dan Dr. Erna, ST., MT. sebagai moderator. Pemateri 1 Dr. Prety Diawati S.Sos. MM. dengan topik Inkubasi Ekosistem Kewirausahaan. Beliau mengatakan, pembentukan ekosistem kewirausahaan yang meliputi 5 pilar ekosistem, yaitu 1. Pelatihan, Pendampingan dan Inkubasi, 2. Pasar dan Pemasaran, 3. Pendanaan, 4. Legalitas, 5. Rantai Nilai

 

Materi ke 2 adalah Model Inkubasi oleh M. Yusril Helmi S, S.Kom., M.Kom mengatakan,  Model inkubasi yang dilakukan ditunjang oleh empat pilar yaitu stakeholders, teknologi, jejaring dan SDM. Proses inkubasi terdiri dari tiga tahap yaitu pra inkubasi, inkubasi, dan pasca inkubasi. Kegiatan pra inkubasi meliputi seleksi tenant dan promosi. Kegiatan inkubasi dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap awal, pengembangan, dan tahap lanjut. Keseluruhan proses inkubasi dilakukan paling lama tiga tahun. Kegiatan inkubasi tahap awal meliputi pelatihan teknis dan manajemen, legalitas usaha, penyusunan rencana bisnis, uji coba produksi, dan uji coba pasar.