deskripsi gambar

Breaking News

Sosialisasi Series 1: Inovasi dan Inkubasi kepada Calon Tenant



Bandung (16/10/2021) - kegiatan Workshop Penguatan Ekosistem Kewirausahaan Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV), Politeknik Pos Indonesia melalui tim penyelenggara menyelenggarakan Workshop Model Ekosistem Kewirausahaan & Model Inkubasi Produk Inovasi.

Workshop daring ini hadiri oleh 50 peserta Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia dari bermacam-macam program studi. Peserta tampak aktif dan bersemangat dalam kegiatan workshop ini.

Acara Workshop ini dipandu oleh Angga Dewi Anggraeni, SE., MM. sebagai moderator. Pemateri 1 Dr. Erna, ST., MT. dengan topik Model Ekosistem Kewirausahaan. Beliau mengatakan, Kunci sukses dalam membangun ekosistem wirausaha akan terwujud jika semua pemegang kepentingan berpotensi menciptakan manfaat lebih dari kemitraan daripada jika mereka bekerja sendiri. Kemudian adanya imbal hasil yang adil dan memuaskan antara pemegang kepentingan.


Materi ke 2 adalah Model Inkubasi Produk Inovasi oleh M. Yusril Helmi S, S.Kom., M.Kom. mengatakan, Model inkubasi yang dilakukan ditunjang oleh empat pilar yaitu stakeholders, teknologi, jejaring dan SDM. Proses inkubasi terdiri dari tiga tahap yaitu pra inkubasi, inkubasi, dan pasca inkubasi. Kegiatan pra inkubasi meliputi seleksi tenant dan promosi. Kegiatan inkubasi dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahap awal, pengembangan, dan tahap lanjut. Keseluruhan proses inkubasi dilakukan paling lama tiga tahun. Kegiatan inkubasi tahap awal meliputi pelatihan teknis dan manajemen, legalitas usaha, penyusunan rencana bisnis, uji coba produksi, dan uji coba pasar.